Tahun 2017 Stockshot.ID bekerjasama dengan Kemendikbud melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) mengadakan Pelatihan Sistem Platform Video Online. Kini di bulan Juli sampai September 2018 pelatihan tersebut kembali diadakan. Saat ini pelatihan sedang berjalan dan sudah ada 8 sekolah yang telah melaksanakan pelatihan tersebut.

Tahun ini ada 18 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berkesempatan mendapatkan pelatihan. Sekolah-sekolah tersebut tersebar di beberapa kota, antara lain: Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Pekalongan, Bandung, Tulungagung, Surabaya dan Malang. 

Acara pelatihan diadakan selama 3 hari. Di hari pertama para siswa akan dikenalkan tentang platform video online Stockshot.ID, siswa akan diberitahu cara mendaftar atau sign up, mencari footage, mengunduh serta mengunggah hasil karya di Stockshot.ID. Selain itu, para siswa juga diberikan pengetahuan tentang produksi video, teknik videografi dan teknik pasca produksi.

Setelah mendapatkan pengetahuan tentang tahapan-tahapan produksi video, di hari kedua siswa diberikan tugas kelompok untuk membuat film dengan tema apa saja yang tidak mengandung unsur SARA, pornografi, politik, dan kekerasan. Selanjutnya, di hari ketiga siswa diberikan tugas membuat video secara individu dengan cara mengunduh footage-footage dari website Stockshot.ID secara gratis, berkat dukungan dari Pusbangflm Kemendikbud.

Dari pelatihan tersebut beberapa guru dari sekolah yang telah mendapatkan pelatihan memberikan respon positif. Seperti diungkapkan oleh Ibu Dhesi Dwinar R, Guru Produktif, Jurusan Manajemen Produksi di SMK Cakra Buana. Beliau menyampaikan jika pelatihan ini sangat positif sekali, dari pelatihan ini para siswa mendapatkan ilmu baru serta pencerahan dari para praktisi perfilman. Beliau juga berharap semoga pelatihan seperti ini tidak hanya diadakan satu tahun sekali di sekolah karena acara ini merupakan kegiatan yang mencerdaskan anak bangsa apalagi di era globalisasi seperti ini. Beliau juga menyampaikan semoga siswa yang nanti lulus dari SMK bisa langsung terjun di dunia industri broadcasting dan perfilman karena sudah mendapatkan bekal tambahan dari pelatihan ini.

Ungkapan yang sama juga disampaikan oleh Ibu Annisa Puspitasari, Guru Produktif, Jurusan Produksi Siaran Program TV (PSPT) di SMKN 48 Jakarta. Beliau merasa kegiatan seperti ini sangat bagus karena para siswa dilatih oleh para pakar dan praktisi. Dengan adanya pelatihan ini siswa bisa mengetahui cara membuat film yang baik dan benar, pengetahuan yang belum didapatkan di sekolah dapat diperoleh dari Stockshot.ID.

Berikut beberapa cuplikan kegiatan yang dilakukan di 2 sekolah yang telah mengikuti pelatihan:


Kira-kira sekolah mana lagi ya yang akan dikunjungi oleh Stockshot.ID dan Pusbangfilm?