Salah satu cara untuk memulai menjadi kontributor footage di Stockshot.id cukup mudah. Seorang kreator video biasanya memiliki library footage yang tidak terpakai dan tersimpan di dalam HDD (hard disk drive) eksternal. Jika kita memiliki hak cipta (copyright) atas footage-footage tersebut, kita tinggal memilih footage-footage yang menurut kita terbaik dan menguploadnya ke website Stockshot.ID.

Jika kita tidak memiliki stok footage di HDD eksternal, jangan takut. Kita bisa memulainya dari nol. Kita bisa mulai merekam footage di sekitar kita. Karena itu jangan lupa selalu bawa kamera ya. 

Berikut ini beberapa tips yang membantu kita dalam menghasilkan footage yang ciamik:

1. Pastikan resolusi footage yang kita rekam sesuai dengan spesifikasi teknis Stockshot.id. Di Stockshot.id saat ini menerima 3 jenis resolusi footage, yaitu SD (768 x 576), HD (1920 x 1080) dan 4K (4096 x 2160 atau 3840 x 2160). Mengenai spesifikasi teknis footage ini bisa kita baca di bagian FAQ Kontributor poin “B”. 

Kamera-kamera sekarang umumnya sudah mampu merekam dengan kualitas HD1080 (Full HD), bahkan beberapa kamera juga bisa merekam dengan resolusi 4K. Coba saja buka menu settingan kamera dan cek ya.

2. Jangan lupa menggunakan tripod supaya footage yang kita rekam menjadi stabil hasilnya dan tidak goyang. Apabila suatu saat kita merekam tanpa tripod, pastikan waktu merekam kamera diletakkan pada permukaan yang datar atau tangan kita jangan sampai goyang atau bergetar. Nah, daripada pusing tahan nafas supaya gambar stabil, lebih baik pakai tripod atau alat lain yang mampu menstabilkan posisi kamera (seperti glidecam, rig kamera, slider, gimbal, dan lainnya). Terakhir, kalau tetap ada goyangan yang menganggu bisa diperbaiki dengan software video iMovie atau software sejenis lainnya.

https://stockshot.id/video/traffic-at-the-plengkung-gading-gate-in-yogyakarta-8107.html

https://stockshot.id/video/left-pan-a-fresh-salad-buffet-10560.html

3. Sebelum menekan tombol “rekam", pastikan dahulu obyek atau momen apa yang ingin kita rekam. Bila perlu sebelumnya kita buat catatan atau kita buat shot listnya. Momen tersebut sebaiknya memiliki cerita atau makna, bukan "gambar" kosong saja.

Banyak momen keseharian yang menarik untuk kita rekam. Sering-sering latihan dan insting kita akan semakin tajam. Visual yang berhubungan dengan keindahan alam, budaya, tradisi, dan modernisasi menarik pula untuk kita eksplorasi.

https://stockshot.id/video/a-number-of-fishing-boats-and-fog-covering-suramadu-surabayamadura-bridge-as-a-background-in-surabaya-east-java-10809.html"

4. Apabila kita merekam dengan melibatkan talent (model) atau orang di dalam footage kita, jangan lupa menyertakan model release saat mengupload ke Stockshot.id. Model release adalah selembar kertas yang menyatakan subyek orang atau talent dalam footage kita setuju untuk diambil gambarnya dan menyetujui penggunaan footage kita untuk kepentingan komersil. Apabila kamu tidak punya model release, contohnya bisa didownload di sini. Jika kita tidak menyertakan ini saat upload ke Stockshot.id, maka footage kita akan dikategorikan ke dalam editorial use only dan hanya bisa dipakai untuk kepentingan pemberitaan (editorial) dan non komersil, tidak bisa dipasarkan ke konteks yang lebih luas (seperti tv komersil, film, web series, dan lain-lain).

https://stockshot.id/video/buying-and-selling-in-traditional-market-7992.html"

5. Saat kita merekam sebuah adegan atau kejadian, sebenarnya tidak ada batasan berapa lama kita harus merekamnya. Pastikan saja memory dan baterai kamera kita cukup saat melakukan perekaman. Namun saat mengupload ke Stockshot.id footage yang diterima adalah dengan durasi minimal 7 detik dan maksimal 60 detik. Supaya mudah saat memilih footage sebaiknya kita mulai melatih kepekaan kita ketika ingin merekam momen, mana yang akan direkam singkat (7-10 detik) dan momen apa yang perlu direkam hingga 60 detik.

6. Perhatikan kebersihan lensa. Lensa kamera sebaiknya dijaga kebersihannya, jangan sampai ada noda yang menempel dan membuat cela footage yang kita buat sehingga tidak lolos kurasi Stockshot.id.

https://stockshot.id/video/working-bees-collecting-pollen-from-a-lotus-flower-10099.html"

Demikian enam tips untuk membuat footage yang baik dari Stockshot.id. Jangan lupa setelah kita praktekkan, upload hasilnya, sertakan judul, dan deskripsi footage yang sesuai. Selamat berkarya Ya.