Setelah melaksanakan peluncuran awal (soft launching) pada 28 April 2017, Stockshot.id menyelenggarakan sebuah kegiatan sederhana pada 18 Mei 2017. Bertempat di Kolega Co-working Space Senopati, kegiatan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, “Creators Gathering”, khusus bagi undangan dari kalangan calon kontributor, yaitu para pegiat seni audio visual dengan profesi beragam; antara lain pembuat film dokumenter lepas, juru kamera, sutradara, dan penyelam. Mereka yang diundang sekaligus terpilih menjadi calon kontributor Stockshot.id gelombang pertama, karena dipercaya memiliki koleksi footage, video serial, dan video pendek tentang Indonesia yang menarik dan baik secara teknis. 

Acara “Creators Gathering” diawali dengan paparan tentang cikal bakal Stockshot.id oleh mbak Tjandra Wibowo, selaku salah satu pendiri dan pemilik perusahaan. Setelah itu dilanjutkan dengan penjelasan tentang situs Stockshot.id, profit sharing antara pihak kontributor dan pihak Stockshot.id, hingga tentang masalah legal. 


Untuk memeriahkan acara, hadir pula mas Andi Jatmiko, seorang produser sebuah jaringan televisi berita internasional, yang berbagi pengalaman serta memberi pandangan tentang betapa besarnya kebutuhan akan footage bagi industri berita atau ulasan pers. Tidak hanya itu, mas Andi juga mengajak para undangan untuk lebih menghargai karya mereka melalui Stockshot.id, di mana para kontributor tidak saja akan lebih dikenal oleh masyarakat luas tapi juga memiliki rasa aman dalam bertransaksi karena hak cipta akan selamanya tetap menjadi milik kontributor. 


Seusai forum tanya jawab,  panitia mengumumkan soal rencana penyelenggaraan kompetisi film pendek tentang Indonesia yang akan memperebutkan Piala Nusantara, dan memberi kesempatan kepada para undangan untuk mencoba mengakses situs Stockshot.id melalui laptop yang disediakan oleh panitia. Acara ditutup sekitar pukul 12.00 wib. 


Sesi kedua, “Agency & Media Gathering”, dihadiri oleh para undangan dari kalangan agensi dan media yang notabene adalah para calon pembeli footage, video serial, maupun video pendek. Rangkaian acaranya sama seperti “Creators Gathering”, hanya pada kesempatan ini, mas Tomi Satryatomo hadir untuk berbagi cerita tentang pengalamannya mencari footage saat beliau menjadi wartawan dan produser dulu, bagaimana tingginya biaya mengirim seorang juru kamera ke suatu daerah demi sepotong footage, sekaligus menyampaikan betapa marketplace sejenis Stockshot.id menjadikan pencarian footage tentang Indonesia menjadi lebih mudah dan tentunya si pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya setinggi dulu lagi. Adapun mas Tomi adalah mantan wartawan dan mantan produser di sejumlah stasiun televisi ternama di tanah air.  


Jika tidak ada halangan, rencananya kami akan menyelenggarakan lagi kegiatan serupa dalam waktu dekat sehingga kehadiran kami diketahui oleh lebih banyak calon kontributor dan calon pengguna footage, video serial, maupun video pendek tentang Indonesia.